Wajib Tahu! Inilah 4 Fakta Penyakit Autoimun

Wajib Tahu! Inilah 4 Fakta Penyakit Autoimun

Sudah tahu penyakit autoimun? Penyakit autoimun adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang seharusnya berperan melindungi tubuh dari penyakit dan juga sel-sel jahat malah berbalik menyerang sel-sel sehat yang ada dalam tubuh.

Penyebab dari penyakit ini pun belum bisa dipastikan hingga saat ini, namun beberapa faktor seperti lingkungan, keturunan atau genetik, infeksi, dan perubahan hormon bisa menjadi penyebab terkena penyakit autoimun.

Penyakit autoimun memiliki gejala-gejala umum diantaranya timbulnya rasa nyeri pada bagian sendi dan biasanya menyerang sendi bagian lutut, pergelangan tangan, buku-buku jari, dan punggung tangan. Tubuh juga terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, menderita demam ringan, merasakan lelah yang berlebihan, sering mengalami sariawan, hingga mengalami kerontokan rambut yang parah.

Berikut ini 4 fakta mengenai penyakit autoimun yang wajib anda ketahui.

  1. Brain Fog, Salah Satu Gejala Unik Penyakit Autoimun

Brain fog atau kabut otak, adalah sesuatu seperti kabut yang menyelimuti otak dan termasuk dalam masalah kelelahan mental dan dapat menyebabkan hilangnya fokus, konsentrasi, bahkan memori. Brain fog memang bisa terjadi karena beberapa sebab seperti kurang tidur, sindrom kelelahan kronis, depresi, dan perubahan hormon.

Namun tak menutup kemungkinan brain fog tersebut merupakan salah satu gejala penyakit autoimun. Oleh karena itu, untuk diagnosis yang lebih akurat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

  1. Penyakit Autoimun Sering Menjangkit Wanita

Seorang dokter bernama Cihakova mengatakan bahwa sekitar 80 persen pasien penyakit autoimun adalah wanita, karena wanita memiliki ketahanan tubuh yang lebih rentan daripada pria. Seorang ahli epidemologi di University of Michigan’s School of Public Health, Emily Somers, PhD mengatakan bahwa penyakit autoimun termasuk dalam 10 penyebab utama kematian bagi wanita.

  1. Faktor Lingkungan Bisa Menjadi Salah Satu Pemicu

Mengapa faktor lingkungan dapat menjadi salah satu pemicu penyakit autoimun? Karena pertumbuhan lingkungan yang sangat cepat dan faktor lingkungan seperti radiasi sinar ultraviolet, produk pembersih hingga cat kuku ternyata dapat menjadi faktor pemicu terkena penyakit autoimun.

  1. Penyakit Autoimun Dapat Menyebabkan Kematian

Sebenarnya penyakit ini tidak parah dan kronis, namun tak menutup kemungkinan akan berakhir fatal karena penanganan yang tidak tepat dan salah mengidentifikasi penyakit autoimun. Karena penyakit yang satu ini memiliki lebih dari 80 jenis penyakit dan gejala yang ditimbulkan pun tidak sama.

Sudah Tahu? Tes ANA (Antinuclear Antibodies Test) Untuk Menentukan Penyakit Autoimun

Tes ANA adalah tes antibodi anti-nuklear yang bermanfaat untuk mengukur kadar dan pola aktivitas antibodi dalam darah yang melawan tubuh. Tes ANA bisa dilakukan jika dokter mengajukan tes ini karena menduga adanya penyakit autoimun pada tubuh seperti scleroderma atau rheumatoid arthritis dan lupus.

Tes ANA dilakukan bersamaan dengan munculnya gejala penyakit, pemeriksaan fisik, dan juga beberapa tes lain yang berguna untuk menentukan penyakit autoimun.

Demikianlah fakta-fakta mengenai penyakit autoimun. Jika anda merasakan gejala-gejala umum penyakit autoimun, lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter.