Segar dan Ampuh! Ini 5 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol

Segar dan Ampuh! Ini 5 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol

Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga dapat dibantu dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol. Seorang dapat dikatakan menderita kolesterol tinggi ketika memiliki kadar kolesterol total dalam darah lebih dari 240 mg/dl. Berikut ini 5 minuman untuk menurunkan kolesterol dalam darah yang telah terbukti secara medis.

  1. Teh

Berbagai jenis teh telah dikenal lama sebagai minuman penurun kolesterol yang baik. Teh hitam, teh putih, teh oolong, dan teh hijau mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kaya akan antioksidan didalamnya. Telah terbukti teh hijau dapat menurunkan LDL hingga 2,19 mg/dl. Namun, fungsi teh hijau sebagai penurun kolesterol jahat tak sekaligus dapat menaikkan kadar kolesterol baik.

Sebuah riset menyebutkan kadar kolesterol dalam darah dapat turun apabila Anda rutin minum teh selama beberapa minggu. Selain teh tradisional, jenis teh herbal seperti teh jahe dan teh peppermint juga mampu memberikan efek yang sama yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Susu Kedelai

Pada dasarnya kedelai termasuk dalam jenis tanaman polong-polongan yang mampu memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung. Salah satu olahan kedelai yaitu susu kedelai ini. Manfaat baik kedelai tetap utuh dapat dirasakan melalui konsumsi susu kedelai.

Telah disebutkan dalam sebuah studi bahwa susu kedelai sebagai minuman penurun kolesterol sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Selain berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mengonsumsi susu kedelai secara rutin sekaligus mampu menaikkan kadar kolesterol baik dengan cukup cepat.

  1. Jus Delima

Berdasarkan sebuah penelitian, buah delima memiliki kandungan antioksidan tiga kali lebih tinggi dari antioksidan yang terkandung dalam teh hijau. Kandungan antioksidan inilah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung termasuk juga mengurangi penumpukan lemak jahat dalam tubuh.

Telah disebutkan dalam sebuah studi terbaru, mengonsumsi seperempat cangkir jus delima setiap hari mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular sebagai akibat penurunan kadar kolesterol dalam darah. Rutin minum jus delima juga mampu membantu memperbaiki aliran darah ke jantung.

  1. Minyak Zaitun Extra Virgin

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun extra virgin mampu membantu Anda menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Mengonsumsi 60 ml minyak zaitun extra virgin per hari telah dipercaya mampu menyehatkan jantung. Kesehatan jantung terjaga karena minyak ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah.

  1. Jus Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan serat dan lemak tidak jenuh (monounsaturated fats). Keduanya bermanfaat sebagai zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah. Selain mengonsumsi alpukat sebagai jus, Anda juga dapat menjadikannya sebagai campuran salad.

Nah, itulah beberapa  minuman untuk menurunkan kolesterol. Selain kelima minuman tersebut disarankan untuk Anda memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebagai upaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menghindari asupan santan hingga makanan cepat saji juga perlu dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal.