Perbedaan Teknik Sablon Polyflex dan Digital Printing Dalam Pembuatan Jersey Futsal

Perbedaan Teknik Sablon Polyflex dan Digital Printing Dalam Pembuatan Jersey Futsal

Saat bikin jersey futsal, ada banyak hal yang dipertimbangkan. Salah satunya teknik sablon pembuatan jersey futsal. Ada banyak pilihan metode yang bisa anda gunakan. Setiap metode memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. teknik sablon polyflek dan digital printing, menjadi metode yang paling banyak digunakan. Kedua teknik ini menghasilkan jersey futsal dengan kualitas yang berbeda-beda. Untuk lebih mengenalnya, kita akan membahas perbedaan kedua teknik pembuatan jersey futsal tersebut.

Teknik Sablon Polyflek

Teknik sablon polyflek banyak digunakan untuk pembuatan jersey KW atau jersey Go di pasaran. Selain itu banyak digunakan untuk pembuatan name set yang berada dibagian belakang jersey. Teknik ini memiliki sistem yang sama dengan pembuatan stiker bahan vinyl. Yang berbentuk lembaran dan dipotong dengan mesin cutting. Proses pengoperasinya menggunakan komputer dan software khusus, yang terhubung langsung dengan mesin cutting tersebut. sehingga terbentuk sebuah desain tertentu. Jenis vinyl yang digunakan pun bermacam-macam, ada yang tebal dan tipis.

Gambar akan dipotong terlebih dahulu, kemudian pemasangannya menggunakan press pemanas dengan suhu tertentu. Sehingga menempel pada kain jersey. Lalu apa kelebihan kekurangan dari teknik sablon polyflek ini.

  • Kelebihan sablon polyflex
  1. Proses pembuatan mudah dan cepat karena menggunakan media komputer
  2. Warna polyflex lebih awet
  3. Hasil lebih rapi dan halus
  • Kekurangan sablon polyflex
  1. Hanya bisa digunakan dibagian tertentu jersey saja. misalnya di nomor punggung, nama atau sponsor depan
  2. Tidak bisa membuat detail desain yang kecil atau gradasi
  3. Perawatan lebih rumit supaya tahan lama

Teknik Sablon Digital Printing

Teknik sablon digital printing dikenal juga dengan nama printing sublimasi. Teknik ini sudah banyak digunakan untuk pembuatan jersey atau kaos. Proses pembuatannya dengan memindahkan warna atau desain ke kertas kemudian dipindahkan ke kain dengan menggunakan mesin printer dan tinta khusus. Proses printing di kertas dibuat terbalik terlebih dahulu, kemudian baru dipindahkan ke media kain. Proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama, membuat satu jersey pun bisa dilakukan dengan cepat,

Berikut ini kelebihan dan kekurangan teknik sablon digital printing :

  • Kelebihan sablon digital printing
  1. Bisa membuat desain yang bervariasi
  2. Proses perwarnaan tidak menutupi pori-pori kain, sehingga hasil jersey lebih bagus, nyaman dan sirkulasi udaranya baik
  3. Detail desain bisa dibuat dengan lebih maksimal. Bahkan bisa membuat desain yang rumit
  4. Perawatan jersey dengan digital printing lebih mudah
  5. Warna sablon lebih tahan lama
  • Kekurangan sablon digital printing
  1. Harga relatif lebih mahal, terutama untuk full printing yang mencetak semua bagian jersey.
  2. Proses sedikit lebih lambat, karena harus memotong kain sesuai pola.

Kedua teknik sablon bikin jersey futsal memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. tinggal pilih yang sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan anda. Nah jika anda ingin menggunakan jasa pembuatan jersey futsal silahkan kunjungi laman berikut ini https://fullprint.id/jasa-design.