Penting! ini Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan dan Kecantikan

Penting! ini Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai rumor yang masih simpang siur mengenai manfaat kopi bagi kesehatan telah banyak beredar di masyarakat. Kopi hitam bagi kesehatan memang memiliki beragam manfaat saat diminum langsung. selain itu kopi juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan jika digunakan dengan cara yang berbeda. Berikut ini manfaat kopi bagi kesehatan dan kecantikan yang sudah ditemukan oleh para ahli.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Memperbaiki Mood

Manfaat baik pertama dari kopi bagi otak sangat banyak. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein pada kopi. Kafein yang terdapat pada kopi dapat membuat otak Anda bekerja lebih baik. Pada dasarnya kafein mampu dengan cepat meningkatkan fungsi otak, karena itu rasa kantuk Anda seolah hilang setelah meminumnya.

Kafein merupakan zat stimulan yang paling umum dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Konsumsi zat tersebut dalam batas wajar dapat membuat otak dan mood Anda lebih baik. Kafein yang diserap oleh tubuh Anda setelah Anda minum kopi akan menghambat hormon adenosin.

Dengan begitu, produksi dopamin dan norepinefrin akan bertambah. Dopamin mempengaruhi mood sehingga Anda lebih ceria, sementara norepinefrin dapat meningkat denyut jantung Anda.

  1. Mencegah Parkinson dan Alzheimer

Tak hanya menjaga kesehatan ternyata konsumsi kopi dengan cara yang telat mampu mencegah penyakit parkinson dan alzheimer. Kedua penyakit ini adalah penyumbang terbesar penderita demensia di dunia. Perlu diketahui orang yang mengkonsumsi kopi memiliki 65% resiko lebih kecil menderita alzheimer dan 40% lebih kecil terjangkit parkinson. Hal tersebut telah dibuktikan oleh  sebuah penelitian yang dilakukan National Food and Nutrition Institute, Warsawa, Polandia.

  1. Sebagai Antioksidan dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit Anda merupakan manfaat penggunaan kopi dengan cara yang berbeda. Kaya akan antioksidan kopi mampu membantu kulit Anda menangkal radikal bebas, polusi, debu, dan panas matahari. Anda dapat menggunakan bubuk kopi sebagai lulur, masker wajah, hingga scrub alami yang baik.

Penggunaan scrub berbahan dasar bubuk kopi dapat membantu  mengangkat sel kulit yang sudah mati sehingga, kembali terlihat cerah. Memberi kopi pada kulitmu sama dengan memberikan perlindungan dari penuaan dini dan kotoran yang ada di udara. Anda dapat membuat scrub sederhana dari bahan dasar kopi dengan campuran lidah buaya kemudian usap merata di kulit sambil melakukan pijatan.

  1. Menjaga Kesuburan Rambut

Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, kopi juga dimanfaatkan bagi kesehatan rambut. Anda dapat mencoba menjadikan ampas kopi sebagai masker rambut. Bahkan pemakain secara teratur akan mampu mengatasi kerontokan rambut Anda secara alami. Kopi juga akan membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau dan memiliki aroma wangi.

Sungguh bermanfaat sekali bukan? Selain dapat menikmati kelezatan ternyata kopi hitam juga memberikan efek baik tersebut diatas. Tapi perlu diingat cara dan jumlah konsumsi kopi tetap dalam batas wajar. Cek dalcogusto.co.id disana Anda dapat menemukan rekomendasi aneka kopi yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi.