Kelebihan dan Kekurangan SPSS Untuk Analisis Statistik Deskriptif

Kelebihan dan Kekurangan SPSS Untuk Analisis Statistik Deskriptif

Sebagaimana yang sudah diketahui, analisis statistik deskriptif adalah salah satu metode penyajian data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan kemudian mengelompokkannya sesuai dengan indikator yang digunakan. Dengan indikator tersebut, maka data bisa dibaca dengan lebih baik dan tentu lebih mudah dipahami.

Nah, analisis tersebut bisa dilakukan dengan bantuan software. Dengan menggunakan software tertentu, proses analisis bisa dilakukan dengan lebih lancar dan hasilnya akan lebih akurat. Salah satu software yang cukup banyak digunakan untuk melakukan analisis ini adalah SPSS.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai software SPSS sebagai alat untuk proses analisis statistik deskriptif, terutama kelebihan dan kekurangannya. Penasaran bagaimana detail dari software ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa Itu SPSS?

SPSS atau statistical package for social science adalah aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 1968 yang lalu oleh Norman Nie, seorang lulusan dari Fakultas Ilmu Politik Universitas Stanford. Sesuai namanya, SPSS menjadi satu dari beberapa software yang banyak digunakan untuk analisis statistika ilmu sosial.

Banyak bidang penelitian yang bisa dikerjakan dengan menggunakan SPSS. Misalnya saja, bidang sosial, bidang kesehatan, bidang komunikasi, bidang pendidikan, bidang marketing, bidang sosiologi dan lainnya. Hal ini dikarenakan fitur yang disediakan SPSS bisa dikatakan cukup lengkap dan bisa diandalkan untuk berbagai bidang tersebut.

Cara Kerja SPSS

Sebagai salah satu software untuk analisis statistik deskriptif, SPSS memiliki cara kerja yang bisa dikatakan cukup simple dan sederhana. Dalam hal ini, beberapa tahapan yang termasuk cara kerja dari SPSS adalah sebagai berikut:

  • Input data

Langkah awal pada saat menggunakan SPSS untuk analisis adalah dengan melakukan input data. Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna bisa memasukkan data pada data view, sedangkan untuk pengaturan dan pemberian nama variable dilakukan pada bagian variable view

  • Proses

Sebelum melakukan proses analisis statistik deskriptif, tentu terlebih dahulu harus dipastikan bahwa jenis analisis yang akan digunakan sudah dipilih. Ragam menu dari jenis analisis tersebut terdapat pada bagian analyze

  • Output

Setelah proses analisis data dengan SPSS tersebut dilakukan, maka akan muncul hasil analisis dari jendela output. Hasil dari analisis ini tersedia dalam bentuk tabel ataupun grafik yang sesuai dengan jenis analisis yang sudah dipilih sebelumnya

Kelebihan dan Kekurangan SPSS

Sebagaimana disinggung di awal bahwa SPSS adalah salah satu software terkemuka untuk urusan analisis statistik. Nah, software ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan penggunaan.

Adapun beberapa kelebihan dari software SPSS untuk urusan analisis statistik adalah sebagai berikut:

  • Mudah digunakan terutama untuk pengguna yang masih awam dengan bahasa pemrograman yang bisa dikatakan cukup rumit
  • Memberikan informasi yang cenderung lebih akurat dan juga adanya kode alasan jika terjadi missing data pada saat proses analisis
  • SPSS memberikan tampilan yang terkesan lebih informatif dan jelas
  • Mampu mengakses data yang berasal dari berbagai format yang berbeda sehingga data yang dimasukkan nantinya akan bisa dianalisis dengan lebih mudah

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, ada beberapa kekurangan dari SPSS yang tentu saja juga harus diperhatikan. Adapun beberapa kekurangan dari software ini adalah sebagai berikut:

  • Meskipun tergolong software yang cukup mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan bahasa pemrograman, namun pengguna SPSS harus memahami dasar dari ilmu statistik terlebih dahulu
  • Ada perkembangan versi dari SPSS yang bisa jadi cenderung lebih rumit dalam tampilan sehingga perlu penyesuaian ulang

Beberapa hal di atas adalah ulasan tentang SPSS sebagai opsi software analisis statistik deskriptif. Pelajari SPSS untuk proses analisis yang lebih mudah dan akurat.