Jenis Aki Mobil

Jenis Aki Mobil

Jenis Aki Mobil bermacam-macam. Tidak semua  mobil menggunakannya aki yang sama. Meskipun fungsi aki pada setiap kendaraan sama. Aki berfungsi sebagai sumber listrik pada kendaraan bermotor.

Aki pada mobil berguna untuk menjalankan semua perangkat elektronik mobil. Mulai dari starter, lampu, pendingin ruangan pembersih kaca mobil serta berbagai panel indikator yang ada pada dashboard. Sehingga aki sering disebut juga baterai mobil.

Menggunakan aki dengan jenis yang tepat menjadi sebuah keharusan agar semua fungsi alat pada mobil dapat berjalan lancar. Berikut beberapa jenis aki atau baterai mobil yang ada saat ini.

  • Aki basah

Ini adalah jenis baterai mobil yang sering kita jumpai. Pada aki ini terdapat cairan yang berfungsi sebagai cairan elektrolit, bertugas mengantarkan elektron yang terbentuk. Cairan yang digunakan adalah asam Sulfat.

Harga aki mobil jenis ini di pasaran berkisar antara lima ratus ribu hingga dua juta rupiah. Tergantung merek aki dan kualitas aki yang anda pilih. Harga ini sedikit bervariasi tergantung tempat anda membeli.

Jika mobil anda menggunakan aki jenis ini maka harus mendapat perawatan rutin. Air aki yang berfungsi mengantarkan elektron pada timah antimoni. Maka risiko penguapan sangat tinggi.

Oleh sebab itu lakukan pemeriksaan air aki secara rutin, agar terhindar dari kerusakan akibat air aki yang mengering. Tambahkan air aki jika sudah mulai berkurang sehingga dapat mengganggu fungsi elektronik mobil anda,

  • Aki kering

Menggunakan aki jenis ini, anda tidak perlu melakukan perawatan rutin. Walaupun  disebut sebagai aki kering, sebenarnya aki ini masih menggunakan cairan untuk mengantarkan elektron yang terbentuk

Pada aki ini, jenis logam yang digunakan adalah timah kalsium. Timah ini menghasilkan penguapan yang minimal. Sehingga tidak harus sering menambah air aki. Menjadikan perawatan aki yang lebih mudah.

Harga aki mobil ini sedikit lebih mahal dibandingkan aki basah. Anda bisa memiliki baterai mobil ini dengan harga tujuh ratus ribu hingga dua juta lima ratus ribu rupiah. Harga ini tergantung tipe aki yang akan digunakan pada tergantung  merek kendaraan.

Kekuatan listrik yang dihasilkan tidak akan jauh berbeda dengan aki basah. Anda hanya perlu memperhatikan kekuatan listrik yang dibutuhkan kendaraan. Pilihlah aki dengan daya yang sesuai.

  • Aki kalsium

Ino adalah jebis aki ketiga yang ada di pasaran. Tipe yang satu ini merupakan penggabungan dari aki basah dan aki kering. Aki ini menggunakan kalsium untuk menyalurkan listrik yang terbentuk.

Penggunaan material kalsium membuat penyaluran listrik maksimal. Lebih baiknya lagi penguapan yang terjadi sangat rendah, bahkan hampir tidak ada. Sehingga tidak memerlukan perawatan yang berat.

Aki mobil ini masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Walaupun memiliki performa yang baik tetapi harga yang ditawarkan cukup tinggi. Hal ini membuat aki kalsium tidak banyak penggemarnya.

Satu unit aki ini dijual dengan harga  di atas satu juta rupiah. Harga yang cukup tinggi, sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Anda tidak hanya  lebih mudah dalam perawatan  tetapi aki ini juga lebih tahan lama.

  • Aki hybrid

Ini adalah jenis aki yang mengalami penyempurnaan dari ketiga aki sebelumnya. Aki ini jelas memiliki  berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh baterai mobil sebelumnya. Ini adalah  aki yang siap pakai.

Anda tidak perlu lagi menyetrum saat hendak menggunakannya. Aki ini sudah disetrum langsung saat masih di pabrik sehingga dapat langsung digunakan. Ini menjadi aki yang bayak dipilih saat ini.

Aki ini masih menggunakan cairan untuk menghantarkan listrik. Bahkan cairan yang digunakan lebih bersifat korosif jika dibandingkan dengan ketiga jenis aki lainnya. Berhati-hatilah saat menggunakan aki ini.

Anda yang ingin menggunakan aki ini bisa membelinya di toko aki tertentu. Hal ini tidak lain  karena jumlah aki jenis ini sangat terbatas, sehingga hanya dijual pada toko-toko tertentu. Aki ini dijual mulai dari tujuh ratus ribu rupiah.

Itulah  beberapa jenis aki yang ada di pasaran saat ini. Anda dapat memilih aki yang sesuai untuk mobil anda. Sesuaikan juga dengan dana yang tersedia, agar tidak menjadi  beban  pengeluaran. Menggunakan aki mobil yang tepat akan membuat kendaraan anda awet.