Inilah Penyebab Sakit Tenggorokan yang Sering Tidak Disadari Orang

Inilah Penyebab Sakit Tenggorokan yang Sering Tidak Disadari Orang

Tenggorokan memang area paling sensitif, hingga seringkali terasa aneh tanpa sebab. Penyebab sakit tenggorokan ini, bermacam-macam. Namun, banyak juga orang yang tidak menyadari bahwa hal yang sering tidak diremehkan bisa membuatnya meradang. Apalagi rasanya sudah bercampur ada rasa nyeri, gatal, panas, perih, luka dan susah menelan. Kondisi itu tentu tidak mengenakkan. Anda pasti tidak beraktivitas dengan normal jika keadaannya berlangsung dalam waktu yang lama.

Sakit tenggorokan memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Segera obati, pakai cara tradisional terlebih dahulu. Gunakan air jahe untuk membuatnya rileks. Akan tetapi, rasa sakit yang tidak kunjung sembuh dapat mengindikasikan bahwa itu bukan sakit biasa. Area leher Anda juga menunjukan keanehan seperti memar, atau ada benjolan. Demam disertai pilek, dan radang tenggorokan memang terkadang sudah menjadi satu paket, saat sistem imun berusaha melawan suatu penyakit.

Beberapa orang memang akan mengira itu merupakan hal yang wajar. Padahal itu bisa menjadi sebuah pertanda, bahwa ada sesuatu yang salah terjadi di dalam tubuh. Reaksi rasa sakit yang dapat dirasakan oleh manusia mengindikasikan bahwa penyakit itu dapat dikategorikan berbahaya dan parah. Saat timbul ruam pada kulit, disertai sesak nafas, mual dan muntah. Bisa jadi ada komplikasi di dalam tubuh. Hal itu tentunya harus ditangani secara serius oleh tim medis.

Berikut ini ada beberapa yang dapat menjadi penyebab orang bisa sakit tenggorokan. Namun, jarang disadari, bahkan sampai menyepelekannya:

  • Faktor Lingkungan

Sebuah lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya dapat mencemari udara. Oksigen yang dihirup oleh manusia menjadi racun dalam tubuh. Apalagi tenggorokan merupakan saluran yang juga dilewati oleh udara. Kondisi tersebut berubah menjadi rasa sakit yang membuatnya meradang, dan memicu sistem imun untuk melawan radikal bebas. Namun, tidak bisa hingga membuat orang jadi lemah. Bahkan dapat membuat demam dan juga disertai bersin.

  • Komplikasi Penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti tumor ganas juga dapat membuat komplikasi ke berbagai organ tubuh lainnya. Tumbuhnya benda asing itu di area tenggorokan, pasti akan membentuk rasa sakit, nyeri, perih, dan juga susah menelan. Kesehatan Anda jadi diganggu sepenuhnya oleh penyebaran penyakit ke seluruh tubuh.

  • Sistem Imun yang Lemah

Kekebalan tubuh seseorang tidaklah sama. Ada yang mampu melawan radikal bebas yang masuk ke badan dan ada juga yang tidak mampu. Kondisi fisik pun menjadi lemah. Anda pasti akan sering sekali mengalami sakit tenggorokan karena situasi tersebut.

  • Alergi, serta Infeksi Virus dan Bakteri

Seseorang yang memiliki alergi juga tidak akan merasakan tenggorokan yang kering dan perih saat dihadapkan pada pemicunya. Orang yang memiliki gangguan seperti ini jika dihadapkan pada hal tersebut secara terus menerus dapat memperburuk kondisinya. begitu pula jika terkena infeksi virus dan bakteri pada udara dan makanan yang bisa sangkut pada tenggorokan.

  • Sensitif Terhadap Zat Kimia

Zat kimia yang menyebar di udara dapat masuk ke tubuh dengan mudah. saat Anda memiliki sensitif yang tinggi terhadap bau-bau seperti asap rokok. Pasti akan merasakan sakit di area tenggorokan.

Penyebab sakit tenggorokan memang terkadang tidak diketahui oleh orang yang mengalaminya. Namun, saat kondisinya semakin parah baru panik dan mencari apa saja yang menjadi pemicu timbulnya. Sebelum kondisi itu terjadi pada Anda, ada baiknya menjaga kesehatan lingkungan. Menghindari udara yang terpapar oleh zat kimia berbahaya bagi tubuh manusia.