Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan yang Ada di Dapur

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan yang Ada di Dapur

Memiliki wajah bersih merupakan impian setiap wanita. Namun, paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan zat warna (pigmen) kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi gelap dan muncul flek hitam pada kulit. Guna mengatasi masalah tersebut, berikut cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan yang ada di dapur.

Lemon

Cara pertama menghilangkan flek hitam adalah menggunakan perasan lemon. Air perasan lemon memiliki kandungan vitamin C yang efektif menghilangkan flek hitam pada wajah dan membuat wajah lebih cerah. Jika tidak ada lemon, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Cara penggunaannya cukup mudah, teteskan sedikit air perasan lemon pada kapas dan gosokan pada area kulit wajah secara merata. Tunggu beberapa saat hingga mengering, lalu basuh dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, maka dalam 2 minggu flek hitam pada wajah Anda menghilang.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa menambahkan sedikit air pada perasan jeruk lemon untuk mengurangi keasamannya. Anda juga bisa menambahkan air mawar atau madu untuk hasil lebih maksimal. Perlu diingat, jika Anda memiliki luka terbuka pada wajah, sebaiknya tidak menggunakan cara ini.

Kentang

Selain enak dan mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, ternyata kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam, loh. Kentang memiliki fungsi sebagai pemutih alami yang dapat membantu memudarkan bekas luka serta flek hitam pada wajah. Zat tepung pada kentang dapat membantu mengurangi pigmentasi serta enzim yang dapat menyehatkan kulit.

Cara menghilangkan flek hitam menggunakan kentang dapat Anda lakukan dengan 3 cara. Pertama, iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area wajah, diamkan beberapa menit lalu bilas muka menggunakan air hangat.

Cara kedua adalah parut kentang dan tambahkan 1 sendok teh, setelah itu gunakan campuran tersebut sebagai masker. Biarkan hingga kering selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Terakhir, haluskan kentang dan ambil sarinya, kemudian tambahkan perasan lemon dan sedikit kunyit bubuk. Kemudian, aplikasikan seperti cara sebelumnya.

Kunyit

Sejak dahulu kunyit sering digunakan sebagai bahan pencerah kulit alami. Kunyit memiliki kandungan yang dapat memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit, sehingga kulit jadi lebih cerah dan sehat. Penggunaan kunyit cocok untuk mengatasi flek hitam akibat paparan sinar UV dan penuaan.

Anda bisa membuat pasta untuk masker wajah dari campuran 2 sdt kunyit bubuk, sedikit susu dan perasan air lemon. Setelah itu Anda bisa mengoleskan pasta tersebut ke area wajah yang terdapat flek hitam atau gunakan sebagai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat.

Nah, itu lah beberapa cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan dapur. Cara ini memang tidak memberikan efek instan, namun jika digunakan secara rutin, maka flek hitam pada wajah akan hilang dan kulit menjadi lebih cerah. Beberapa tips dan informasi lainnya seputar kesehatan, kecantikan, parenting dan kehamilan, bisa Anda lihat di laman parenting.orami.co.id.