Cara Memilih Gudang Toko Online Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Gudang Toko Online Sesuai Kebutuhan

Cepat atau lambat, suatu bisnis akan membutuhkan gudang untuk menyimpan stok barang. Sama halnya seperti toko online yang biasanya menjual produk-produk yang tidak akan langsung habis terjual. Awalnya barang-barang yang dijual online mungkin bisa disimpan di rumah namun semakin berkembangnya bisnis tentu dibutuhkan gudang toko online karena stok yang semakin banyak.

Tips Memilih Gudang Toko Online

Dalam hal ini artinya anda bisa menyewa gudang untuk penyimpanan barang dengan jangka waktu tertentu dan ukuran gudang yang sesuai dengan kebutuhan. Mengingat kebutuhan akan gudang yang berbeda-beda, berikut terdapat pertimbangan cara memilih gudang sesuai kebutuhan.

  1. Menentukan lokasi gudang

Salah satu cara menghemat biaya sewa yaitu dengan menyewa gudang yang tidak terlalu jauh dari lokasi agen pengiriman, rumah, atau kantor tergantung di mana anda menjalankan bisnis tersebut. Pastikan juga untuk memilih lokasi yang strategis dan aman agar dapat terhindar dari risiko bencana banjir dan longsor agar barang tidak rusak.

  1. Sewa gudang yang cocok dengan jenis barang

Sesuaikan gudang yang akan disewa dengan jenis barang yang akan disimpan. Biasanya produk yang dijual di toko online memiliki ukuran yang kecil baik itu yang rentan rusak atau yang aman dan tidak mudah pecah.

Maka dari itu untuk gudang toko online, pilih yang memiliki rak karena anda pasti akan menyimpan barang di dalam kardus kemudian menumpuknya. Rak juga menjaga agar barang tidak kotor terkena laintai. Pilih juga ukuran gudang yang sesuai dengan jumlah barang yang akan disimpan.

  1. Tentukan jangka waktu penyimpanan

Biasanya sewa gudang yang tersedia yaitu sewa gudang harian dan sewa gudang bulanan. Pilihlah jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan anda sehingga bisa mengatur pengeluaran dan tidak berdampak pada kerugian.

  1. Perhatikan cara penyewaan

Cara penyewaan biasanya terbagi menjadi sewa gudang per CBM dan sewa gudang per pallet. Cara penyewaan ini akan menentukan berapa biaya sewa yang harus dibayar setiap hari atau setiap bulannya. Cara penyewaan ini juga dapat dipertimbangkan dengan berbagai hal seperti jumlah barang yang akan disimpan.

  1. Perhatikan fasilitas dan sumber dayanya

Salah satu pertimbangan berikutnya yaitu dengan memperhatikan fasilitas dan juga sumber dayanya apakah memadai dan mampu bekerja sesuai dengan yang dibutuhkan. Apakah mampu melindungi barang dari risiko kerusakan dan kehilangan. Beberapa yang harus diperhatikan yaitu CCTV, Dock Level, tenaga bongkar muat, forklift, satpam 24 jam, crossdocking dan sistem manajemen gudang.

Sewa Gudang Toko Online Terpercaya

Haistar merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman dalam bidang logistik dan pemberdayaan e-commerce yang akan memberikan solusi terbaik terkait gudang toko online anda. Haistar juga menyediakan layanan pengelolaan gudang seperti penyimpanan produk, proses inbound dan outbound, dan pengawasan dan pelaporan stok dan order.