Beberapa Masalah yang Membuat Anda Harus Pergi ke Service AC Mobil

Beberapa Masalah yang Membuat Anda Harus Pergi ke Service AC Mobil

Kenyamanan mobil adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan mobil yang nyaman, perjalanan tentu akan menjadi lebih indah dan tidak membosankan. Nah, salah satu penyebab mobil yang tidak nyaman untuk perjalanan adalah AC mobil tidak dingin. Pernahkah Anda mengalami masalah ini sebelumnya?

Sebenarnya, masalah AC yang tidak dingin ini adalah efek dari beberapa masalah yang terjadi pada AC. Perlu diketahui, AC mobil memang merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Sayangnya, komponen satu ini memerlukan perawatan yang ekstra dan cukup sering terkena masalah.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa masalah AC mobil yang cukup sering terjadi. Pengetahuan mengenai masalah ini menjadi penting agar kondisi AC bisa dijaga dengan baik.

Beragam Masalah yang Sering Terjadi Pada AC Mobil

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada AC yang mengakibatkan AC tidak bisa bekerja dengan baik dan tidak dingin. Masalah ini tentu saja akan sangat merugikan karena perjalanan dengan mobil –terutama perjalanan panjang tidak akan nyaman.

Nah, adapun beberapa masalah yang sering terjadi dan berpotensi merusak AC mobil adalah sebagai berikut:

  • Freon yang berkurang

Freon yang berkurang adalah salah satu masalah AC mobil yang cukup sering terjadi. Masalah yang satu ini tentu saja akan menyebabkan AC yang tidak dingin dan suasana di mobil menjadi tidak nyaman karena cenderung panas.

Perlu diketahui, freon adalah komponen yang sangat penting pada AC. Dengan freon ini, maka AC akan bisa bekerja dengan baik dan dingin. Nah, freon yang berkurang akan membuat AC tidak dingin.

Freon yang berkurang ini biasanya disebabkan oleh sistem AC yang bocor. Oleh karena itu, masalah ini harus ditanggulangi dengan baik dan dicari penyebab utama kerusakannya.

  • Filter AC yang tersumbat

Masalah lain yang seringkali terjadi pada AC mobil adalah filter AC yang tersumbat. Nah, saringan AC atau filter AC ini memiliki fungsi utama untuk menyaring debu atau kotoran yang masuk ke dalam AC.

Nah, kotoran yang terlalu banyak dan mengendap pada filter AC tersebut lambat laun akan membuat filter AC tersebut menjadi tersumbat. Jika filter AC tersumbat, maka AC tidak akan bisa bekerja dengan optimal dan tentu saja kinerja AC akan cenderung menurun dan udara dari AC tidak akan dingin.

  • AC mengeluarkan bunyi

Apakah Anda pernah menemukan AC mobil yang berbunyi? Nah, AC mobil yang mengeluarkan bunyi adalah salah satu masalah yang seringkali terjadi dan tentu saja akan sangat mengganggu. Jika masalah ini terjadi, AC mobil akan bekerja dengan tidak optimal dan bunyi yang keluar tentu saja akan sangat mengganggu.

Nah, bunyi yang terjadi pada AC ini merupakan efek dari kerusakan pada oli kompresor. Selain itu, kelonggaran pada bearing juga menjadi sebab kenapa timbul bunyi pada AC. Perlu pengecekan mendalam mengenai beberapa komponen untuk mengatasi masalah yang satu ini.

  • AC tidak bisa hidup

Seringkali, AC di mobil tidak bisa dihidupkan. Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu karena kenyamanan selama perjalanan akan sangat terganggu. Nah, terkait kerusakan ini, ada beberapa penyebab yang menjadi dasar kenapa AC tidak mau hidup.

Kerusakan yang umum terjadi adalah sekring AC yang putus. Selain itu, putusnya relay AC dan juga V belt pada AC akan menyebabkan AC tidak bisa hidup.

Nah, beberapa kerusakan tersebut harus diperhatikan dengan baik. Jika kerusakan tersebut terjadi, segera bawa ke tempat service AC mobil yang tepat.