Asupan Terbaik untuk Nutrisi Otak Anak

Asupan Terbaik untuk Nutrisi Otak Anak

Proses pertumbuhan anak pada tiga tahun pertama usianya sangat luar biasa di segala aspeknya. Anak akan belajar berjalan dan bicara pada umur 1 tahun. Kemudian, kemampuan berpikir anak pada usia 2 tahun akan berkembang pesat, pada usia ini rasa ingin tahu mereka akan sangat tinggi.

Selanjutnya, milyaran sel dan triliunan koneksi antar sel akan diproduksi otak anak pada usia 3 tahun. Dibandingkan tahun pertama kepintaran si kecil telah berkembang pesat. Semua orang tua pasti mendambakan anak yang cerdas. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan makanan terbaik untuk nutrisi otak anak.

Asupan Penting untuk Nutrisi Otak Anak

Seorang tokoh dari Harvard University dalam bidang pendidikan dan psikologis bernama Dr. Howard mengatakan, setidaknya masing-masing anak mempunyai 8 kepintaran. Anda dapat memberikan dukungan dalam mengembangkan kepintaran si kecil dengan memastikan nutrisinya terpenuhi.

Ada 7 jenis asupan yang penting untuk nutrisi otak anak dalam masa pertumbuhannya. Ketahui 7 asupan penting untuk perkembangan otak Anak serta manfaatnya berikut ini.

AA

Arachidonic Acid atau yang disingkat dengan AA berperan mendukung pembentukan jaringan saraf, otak, sistem imun dan jaringan penglihatan pada anak dan merupakan salah satu dari jenis asam lemak tak jenuh.

DHA

Docosahexaenoic Acid atau disebut DHA merupakan komponen gizi yang mendukung pertumbuhan dan berperan penting dalam perkembangan fungsi otak anak. Untuk menjaga fungsi otak pada orang dewasa asupan DHA sangat diperlukan. Menurunnya kemampuan belajar menurut beberapa penelitian disebabkan oleh defisiensi DHA.

Asam Alfa Linolenat (Omega 3)

Pembentukan DHA baik jika ternutrisi oleh asam lemak esensial. Asam alfa linolenat merupakan komponen yang membentuk otak dan tidak diproduksi oleh tubuh.

Asam Linolenat (Omega 6)

Asam Linolenat berperan penting dalam mendukung fungsi otak anak serta berperan dalam pembentukan membran sel otak. Asam Linolenat adalah asam lemak omega 6 yang juga bagian enzim dalam membran sel yang berperan penting mengedarkan nutrisi ke luar dan ke dalam sel.

Kolin

Kolin merupakan zat penting yang meningkatkan fungsi daya ingat serta bertugas mendukung perkembangan dari fungsi otak anak.

Vitamin A

Selain memenuhi kebutuhan asupan untuk mendukung pertumbuhan sel dan jaringan tubuh balita, vitamin A juga berperan dalam perkembangan fungsi penglihatan anak. Penuhi kebutuhan nutrisi pada penglihatan anak dengan memberikan asupan vitamin A.

Zat Besi

Dalam perkembangan sistem saraf, anak akan membutuhkan nutrisi zat besi. Tingkah laku dan fungsi kognitif anak akan terpengaruh apabila kekurangan zat besi.

Demikian informasi mengenai asupan penting untuk nutrisi otak anak saat sedang dalam masa pertumbuhan yang perlu Anda ketahui, Mom. Selalu lengkapi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya sempurna dan memiliki kepintaran yang didambakan.

Deskripsi:  Nutrisi otak anak pada masa pertumbuhan harus selalu dipenuhi. Ketahui asupan nutrisi penting dalam perkembangan otak anak berikut.