7 Komponen Servis Mobil Berkala

7 Komponen Servis Mobil Berkala

Memiliki kendaraan bermotor tentu merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Dimana dengan adanya alat transportasi ini memudahkan kita dalam hal bepergian kemana-mana. Namun, dengan memiliki kendaraan pribadi juga menuntut kita untuk menyisihkan uang lebih guna kebutuhan servis.

Nah, tentunya budget yang dibutuhkan untuk servis ini tidaklah sedikit. Apalagi jika kendaraan yang dimiliki seperti mobil atau kendaraan besar lainnya. Tentunya akan memakan banyak dana untuk sekali servis saja.

Bagi pemilik uang berlebih, tentunya akan segera membuatkan asuransi untuk kendaraan probadinya seketika setelah memilikinya. Sebenarnya, servis mobil jika dilakukan secara rutin dan berkala tidak akan memakan banyak biaya. Salah satu cara untuk menekan semua itu adalah dengan rajin mengecek komponen yang menjadi sasaran servisnya.

Filter dan Oli Mesin

Bisa dibilang bahwa komponen mobil yang satu ini merupakan komponen yang tidak boleh disepelekan. Saat jarak tempuh mobil sudah menunjukkan angka 1.000 KM, maka diharuskan untuk segera mengganti oli untuk kali pertama.

Oli ini sendiri fungsinya adalah sebagai pelumas mesin. Yang mana tugasnya untuk penyempurna proses pembakaran mesinnya. Begitupun dengan filter olinya yang tidak kalah penting. Dimana filter olinya juga harus diganti di bengkel terdekat agar bisa maksimal dalam proses penyaringan olinya. Karena jika filter kotor, akan berpengaruh pada kualitas oli itu sendiri.

Busi

Busi memiliki bentuk yang sangat imut. Namun, walau bentuknya kecil, perannya begitu penting untuk sebuah kendaraan. Dimana busi juga harus mendapatkan servis mobil agar mobil bisa berjalan lancar.

Saat busi kotor, jelas mobil tidak akan bisa berjalan bahkan nyala. Dengan tidak mengganti busi juga akan berpengaruh pada borosnya bahan bakar mobil. Memang, busi bisa dibersihkan sendiri. Namun, lebih baik segera diganti jika jarak tempuh sudah mencapai angka 20.000 KM.

Filter Udara

Komponen yang satu ini juga biasanya diabaikan dan dianggap sepele. Karena banyak yang berpikir bahwa filter udara bisa hanya dibersihkan biasa saja. Memang, filter udara ini bisa dibersihkan sendiri secara rutin. Karena, jika filter udara bersih akan sangat membantu dalam proses penghematan bahan bakar.

FYI, filter udara juga harus sering dibersihkan apalagi saat jarak tempuh sudah mencapai 10.000 KM dan berlaku untuk kelipatannya. Dan harus segera diganti saat servis mobil pada  jarak tempuh sudah mencapai 40.000 KM. Karena filter udara yang kotor akan menghambat suplai udara yang akan menuju ke ruang pembakaran dimana mengakibatkan kurang sempurnanya pembakaran yang mengakibatkan semakin borosnya bahan bakar.

Aki

Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dalam mengganti aki mobil, kita bisa melihatnya dari sistem alarm mobil yang mati. Selain itu, biasanya yang terjadi adalah pada dasboard mobil yang mati dan lama-kelamaan bisa menyebabkan mesin sulit dinyalakan. Aki juga harus diganti rutin setahun sekali untuk menjaga kinerjanya tetap baik dan tidak membuat mobil mudah mogok.

Filter AC

Untuk komponen yang satu ini, banyak sekali pihak yang meremehkan untuk tidak membersihkannya. Hal ini didukung dengan kebersihan kabin mobil. Dimana filter AC ini menyaring banyak sekali debu yang tak kasat mata.

Saat filter AC mobil kita kotor, maka kualitas udara dingin dari AC pun terganggu dan kurang maksimal. Oleh sebab itu, diperlukan servis mobil untuk pergantian filter AC setiap mobil sudah menempuh jarak 20.000 KM.

Kanvas Rem

Kanvas rem disini fungsinya adalah untuk pengereman. Dimana semakin bertambah usia penggunaan mobil, maka kanvas remnya pun akan semakin kaus dan menipis. Jika kanvas rem menipis, maka akan menimbulkan beberapa masalah. Daintaranya adalah gesekan antar komponen logam yang menyebabkan kurangnya minyak rem pada reservoir.

Untuk itu, sebaiknya kanvas rem segera diganti ke bengkel mobil terdekat jika sudah menempuh jarak 20.000 KM. Untuk mengetahui jika kampas rem sudah menipis adalah dari bunyi decitan mobil saat pengereman, begitupun dengan pedal rem yang injakannya semakin dalam.

Kanvas Kopling

Begitu juga dengan kanvas kopling yang harus diganti jika sudah menempuh jarak 10.000 KM. Dimana cirinya adalah adanya bau khas yang muncul saat pengereman di jalan tanjakan. Dimana akan semakin menipis jika kondisi jalanan rusak.

Itulah beberapa ragam komponen mobil yang perlu mendapatkan servis mobil. Tentunya hal ini harus dilakukan secara berkala dan teratur. Tidak hanya di servis saja, namun juga komponen-komponen ini perlu sering di cek untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.