5 Bentuk Ucapan Selama Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea

5 Bentuk Ucapan Selama Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea

Biasanya apa yang akan kamu ucapkan pada saat ada temanmu yang sedang berulang tahun? Umumnya, pasti ucapkan “Selamat Ulang Tahun”, atau kalimat singkat seperti “Met Ultah !”. Tetapi tidak sedikit juga orang yang menggunakan bahasa Asing seperti “Happy Birthday” dalam Bahasa Inggris. Tapi jika kamu salah seorang penggemar dunia Korea, maka tidak salahnya kamu menggunakan bahasa Korea untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Kalimat ucapan selamat ulang tahun yang terkenal dalam bahasa Korea adalah “Saengil Chukha Hamnida”.

Tetapi sebenarnya, ucapan ulang tahun Bahasa Korea ini terbagi menjadi beberapa bentuk :

  1. Kalimat Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea Bentuk Standar

Ada dua kalimat atau frasa ucapan selamat ulang tahun standar dalam bahasa Korea, seperti diantaranya :

  • Saengil Chuka Hamnida

Kata “Saengil” berarti ulang tahun. Sedangkan kata “Chuka Hamnida” berarti selamat. Jika kedua kata tersebut digabungkan maka artinya “Selamat Ulang Tahun”. Kata “Chuka Hamnida” juga bisa kamu gunakan saat ingin memberikan ucapan selamat pada orang lain atas keberhasilan atau kebahagiannya.

  • Saengil Chukahaeyo

Kalimat “Saengil Chukahaeyo” ini memiliki arti yang sama dengan kalimat diatas. Hanya saja pembedanya pada akhiran “Yo” di kalimat yang kedua ini. Akhiran tersebut membuat kalimat kedua menjadi lebih sopan.

  1. Kalimat Selamat Ulang Tahun Bentuk Formal

Jika orang yang berulang tahun itu usianya lebih tua darimu atau memiliki pangkat yang lebih tinggi darimu, maka kamu harus menggunakan ucapan selamat ulang tahun dalam bentuk formal. Kalimatnya berbunyi “Saengsineul Chukadeurimnida”. Artinya sama seperti bentuk standar. Hanya saja kalimat ini lebih formal dan kamu bisa menggunakannya pada orang yang kamu hormati, seperti guru atau orangtua.

  1. Ucapan Ulang Tahun Bentuk Informal

Jika orang yang berulang tahun adalah sosok yang sebaya misalnya teman atau sosok yang sangat akrab denganmu. Maka kamu bisa menggunakan kalimat ucapan selamat ulang tahun dalam bentuk informal. Kalimatnya berbunyi “Saengil Chukahae”. Bentuk kalimatnya memang seperti bentuk kalimat standar. Tetapi pembedanya pada kalimat informal ini tidak menggunakan akhiran ‘’Yo” atau “Imnida”, sehingga menjadikan bunyi kalimat ini kurang formal.

  1. Ucapan Ulang Tahun Untuk Orang Yang Lebih Tua Dalam Bahasa Korea

Saat yang berulang tahun itu adalah orang yang lebih tua darimu, maka kamu bisa menggunakan  bentuk kalimat ulang tahun formal. Tetapi jika yang berulang tahunnya kakak atau mungkin anggota keluarga dekatmu, ada bentuk kalimat selamat ulang tahun lainnya yang bisa kamu ucapkan pada mereka yaitu “Saengshin Chukadeuryeoyo”. Kata “Saengshin” adalah kata yang lebih sopan serta hormat untuk ulang tahun dan ditujukan untuk orang yang lebih tua usianya.

  1. Ucapan Ulang Untuk Orang Yang Lebih Muda Darimu

Lalu bagaimana jika yang berulang tahun itu orang yang usianya lebih muda? Kamu bisa menggunakan kalimat ucapan selamat ulang tahun bentuk standar atau bentuk informal, seperti :

  • Saengil Chuka Hamnida
  • Saengil Chukahae

Kedua kalimat diatas bisa kamu gunakan saat ingin mengucapkan selamat ulang tahun pada orang yang lebih muda, misalnya teman atau adik.

Itulah 5 bentuk ucapan selama ulang tahun dalam bahasa Korea. Pastikan kamu jangan sampai tertukar dalam menggunakan kalimat selamat ulang tahun diatas. Apalagi pada orang yang lebih tua usianya atau orang yang kamu hormati.